Cara Mengobati Penyakit Tipes Agar tidak Kambuh Lagi Secara Alami

Cara Mengobati Penyakit Tipes-Tifus atau demam tifoid, atau sering disebut tipes, adalah salah satu penyakit yang sering dialami oleh masyarakat Indonesia. Sayangnya masih banyak orang yang mengira bahwa tipes dan tifus adalah penyakit yang sama. Ya, penyebutan tifus dan tipes yang memang sangat mirip membuat banyak orang sering kali menganggap keduanya adalah penyakit yang sama. Padahal, penyebab tifus dan tipes alias demam tifoid berbeda.

Gejala penyakit tipes dan Cara mengobati penyakit tipes

Saat Anda mulai merasakan tubuh yang tidak enak badan, kemudian meriang dan bisa semakin membuat tubuh lemas dan suhu makin naik, maka ada beberapa kemungkinan yang terjadi pada kesehatan Anda yaitu, demam biasa, demam berdarah atau tipes.

Khusus untuk penyakit tipes, Biasanya ditandai dengan demam tinggi selama 1-3 minggu sejak tubuh terinfeksi, demam merupakan tanda-tanda utamanya, dan diagnosa tipes baru bisa dilakukan setelah demam berlangsung setidaknya 3-5 hari saat dilakukan cek darah.

Sebelum 3 hari, penyakit tipes belum kelihatan. Seringkali keluhan lain ikut menyertai seperti  diare, mual, sakit perut, sakit kepala, tubuh lemah, susah tidur dan sebagainya.

Jika belum jelas sakit tipes atau bukan, biasanya dokter akan memberikan obat penurun panas, dan setelah memastikan hasil lab bahwa pasien menderita tipes baru dilakukan pengobatan yang spesifik karena jika terlambat penanganan akan berbahaya. Komplikasi sakit serius seperti pendarahan internal atau pecahnya sistem pencernaan (usus) adalah efek dari keterlambatan penanganan tipes yang harus diwaspadai.

Lalu, gimana sih cara menngobati  penyakit tipes? Cukup banyak orang yang mengajukan pertanyaan ini. Wajar,sebab mengidap penyakit tipes atau demam tifoid sangat tidak enak dan tidak nyaman. Badan sangat lemas, dan selera makan pun jadi hilang.

Begitu sembuh, rasa lemas gara-gara penyakit tipes masih ada. Kepala masih sedikit pusing sewaktu melakukan aktivitas apa pun. Itulah alasan mengapa kebanyakan orang  bertanya ada gak cara menyembuhkan penyakit tipes?

Cara Mengobati Penyakit Tipes pada anak

Pada saat musing penghujan, tipes merupakan salah satu penyakit yang harus diwaspadai terutama pada anak-anak. Tipes pada anak disebabkan oleh bakteri yang umumnya terdapat dalam makanan yang  terkontaminasi Salmonella typhi. Kondisi ini memang cukup umum terjadi, khususnya di negara berkembang seperti di Indonesia.

Pada banyak kasus, tifus bisa diobati dengan konsumsi antibiotik, salah satunya chloremphenicol maupun jenis lainnya. Dokter akan memeriksa dan meresepkan obat sesuai dengan kondisi yang terjadi pada pasien.

Namun, sebaiknya jangan terlalu khawatir karena tipes pada anak bisa dicegah. Beberapa rekomendasi cara pencegahannya yakni dengan membiasakan sanitasi yang bersih dan melakukan vaksin.

Selanjutnya, tipes juga dapat diobati  dengan mengonsumsi buah – buahan seperti:

  1. Pisang

Pisang juga bermanfaat untuk mengobati tipes atau demam tifoid yang berkhasiat dalam membantu meredakan gejala tipes seperti demam dan diare yang dialami oleh penderita tipes berkat senyawa pektin di dalamnya. Di samping itu, kandungan potasium yang tinggi pada pisang mampu menggantikan elektrolit tubuh yang hilang.

  1. Alpukat

Buah yang satu ini tergolong salah satu superfood. Karena  berbekal kandungan serat, antioksidan, vitamin, mineral dan lemak baik di dalamnya, buah alpukat seringkali direkomendasikan sebagai obat herbal untuk membantu mengobati berbagai penyakit, termasuk tipes.Menambahkan alpukat pada menu makanan  penderita tipes menjadi salah satu pilihan cerdas guna mempercepat penyembuhan.

  1. Wortel

Wortel kaya akan kandungan beta-karoten yang tak hanya berdampak positif bagi kesehatan mata, namun mampu mempertahankan kekebalan tubuh sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan. Bahkan, kandungan falcarinol di dalam wortel kabarnya mampu melawan sel kanker terutama kanker usus.

  1. Cranberry

Buah cranberry termasuk  dalam keluarga beri-berian. Buah ini bersifat anti-bakteri berkat berbagai senyawa antioksidan dan nutrisi penting di dalamnya, sehingga dapat diandalkan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.Rasanya yang menyegarkan sangat cocok dikonsumsi baik secara langsung atau diolah menjadi jus cranberry yang menyehatkan.

Cara mengobati penyakit tipes  dengan cepat dan agar tidak kambuh lagi.

Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang pantangan untuk penderita tipes, seperti :

  1. Makanan Sumber Karbohidrat

Anda yang penderita tipes pastinya mengalami masalah pada pencernaan karena akibat dari aktivitas bakteri. Beberapa makanan yang memiliki karbohidrat tinggi sangat tidak dianjurkan, seperti beras ketan, beras merah, roti whole wheat, ubi, jagung, singkong, talas, tarcis, dan kue-kue dengan rasa manis maupun gurih. Meskipun demikian penderita tipes tentunya membutuhkan asupan karbohidrat dan sumber karbohidrat yang diperbolehkan seperti beras yang dibubur/ditim, roti dengan tekstur halus, kentang, dan makanan dari tepung-tepungan yang dibubur.

  1. Sayur berserat tinggi

Sayuran berserat tinggi pun perlu Anda hindari ketika menderita penyakit tipes seperti mentimun, sayur singkong, daun pepaya, dan labu serta sayur yang tanpa dimasak terlebih dahulu sebelumnya (lalapan). Makanan berserat tinggi dapat menyebabkan kontraksi pada pencernaan dan jadi makanan pantangan tipes. Sehingga Anda perlu mengonsumsi makanan rendah serat seperti kacang panjang, labu siam, wortel dan juga buncis muda.

  1. Buah – buahan

Beberapa buah yang tidak diperbolehkan untuk Anda seperti apel, jambu biji, jeruk, dan buah asam. Hal ini karena buah-buahan ini memiliki rasa asam yang tinggi sehingga kurang baik untuk pencernaan. Nangka dan durian juga perlu dihindari  karena dapat memicu timbulnya gas di pencernaan sehingga juga menjadi makanan pantangan tipes.

Cara mengobati penyakit tipes di rumah

Ternyata pengobatan penyakit tipes bisa dilakukan di rumah. Berikut Panduan perawatan tipes di rumah.

Dengan memperhatikan asupan makanan dan memenuhi kebutuhan cairan yang mana keduanya merupakan kunci utama kesembuhan penyakit tipes.

Dan Alhamdulilahnya di Apotik juga terdapat obat tifus yang mantap, yaitu Verplus. Verplus adalah obat herbal untuk mengatasi tipes yang berbahan dasar Lumbricus rubellus yang sangat di percaya untuk menyembuhkan tipes.

Mengapa harus Verplus? Karena

  1. tiap kapsul mengandung 500mg Lumbricus rubellus,
  2. kaya akan enzim, Lumbrokinase, Lysozime, Lumbricyn, selulase, Lignase dan Aglutinin
  3. kaya akan kalsium dan fosfor
  4. Mengandung Protein tinggi yaitu 76%
  5. Mengandung Omega – 6, Omega – 3 dan asam Arachidonat

Aturan pakai :

Dewasa       : 3×2 Kapsul sehari  bisa Sebelum atau sesudah makan

Anak-anak : 3×1 kapsul sehari  bisa Sebelum atau sesudah makan,

Perlu diketahui bahwa Sakit bukanlah sesuatu yang dapat kita atur kapan dia harus datang dan pergi, yang dapat kita lakukan hanya bersyukuri di kala sehat dengan menjaga kesehatan. Dan  Hidup seimbang merupakan langkah untuk menjaga kondisi badan selalu sehat dan fit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *