Sembuh Lebih Cepat dari Demam Berdarah dengan Obat Herbal DBD

Sembuh Lebih Cepat dari Demam Berdarah dengan Obat Herbal DBD

                                  Herbal DBD

Salah satu penyakit yang sering muncul pada musim hujan adalah demam berdarah. Demam Berdarah Dengue atau disingkat DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang masuk ke tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Penyakit ini harus ditangai dengan serius karena penanganan yang terlambat atau kurang tepat bisa menyebabkan kematian. Kasus penyakit ini meningkat selama musim penghujan karena banyaknya genangan air yang menjadi tempat berkembangbiak si nyamuk vektor ini. Nyamuk ini berkeliaran dan mencari makanan berupa darah manusia pada pagi hari hingga menjelang petang.

Penyakit ini disebut sebagai demam berdarah karena pada fase yang parah penyakit ini bisa menimbulkan bocornya pembuluh darah akibat serangan virus. Penyakit ini bisa menyerang semua kalangan baik pria wanita dari bayi hingga lansia. Penyakit ini ditularkan melalui gigitan nyamuk yang membawa virus dengue. Virus ini ada 4 macam dan keempatnya bisa menyerang manusia. Penyakit ini ada di seluruh bagian dunia tidak terkecuali di Indonesia yang merupakan negara tropis. Penyakit ini tidak menular antar manusia. Akan tetapi orang yang tinggal di tempat yang sama atau berdeketan bisa jadi sama-sama tertular demam berdarah jika daerah tempat tinggalnya merupakan lokasi yang banyak terdapat sarang nyamuk.

Kasus kematian akibat demam berdarah bukan angka yang sedikit, oleh karena itu perlu edukasi yang tepat mengenai gejala, penanganan serta langkah-langkah pencegahan yang tepat.  Kasus demam berdarah biasanya meningkat pada musim hujan atau setelah musim hujan memasuki musim pancaroba. Penanganan yang tepat sasaran dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit ini.

 

Meredakan Gejala Demam Berdarah dengan Obat  Herbal DBD

                                        herbal DBD

Demam berdarah biasanya tidak langsung terdeteksi dengan mudah karena gejala yang ditimbulkan dari serangan virus ini serupa dengan gejala flu biasa. Akan tetapi, jika gejala demam berdarah dibiarkan dan tidak ditangani sebagaimana mestinya, penyakit ini bisa semakin parah dan mengancam keselamatan jiwa penderitanya. Agar Anda bisa lebih waspada, sebaiknya Anda mengenali gejala-gejala dari penyakit ini. Secara umum  penyakit demam berdarah bisa digambarkan seperti pelana kuda. Masing-masing tahap perkembangan ini menunjukkan gejala yang berbeda, yaitu :

  1. Tahap Demam

Tubuh manusia biasanya mulai menunjukkan gejala DBD setelah 15 Hari dari masuknya virus melalui gigitan nyamuk. Tahap demam merupakan gejala awal dari demam berdarah yang berlangsung sekitar 1-3 hari. Tahapan ini biasanya ditandai dengan meningkatkan suhu tubuh bisa sampai dengan 41 derajat celsius. Peningkatan suhu tubuh ini terjadi akibat sistem pertahankan tubuh bereaksi terhadap serangan virus dari gigitan nyamuk. Demam ini bisa berlangsung sekitar 3-4 hari dengan kondisi suhu tubuh yang naik turun atau tidak stabil. Demam ini biasanya juga disertai menggigil. Penderita merasakan tubuhnya dingin meskipun pada kenyataannya suhu tubuhnya tinggi.

Pada fase ini juga terdapat gejala-gejala lain yang menyertai seperti sakit kepala serta sakit di bagian sekitar belakangnya mata. Tubuh juga terasa lemas, mudah lelah  dan seringkali disertai pegal-pegal dan nyeri sendi. Nafsu makan penderita pada fase ini juga berkurang dan disertai rasa mual bahkan muntah.

  1. Tahap Kritis

Jika digambarkan, fase ini merupakan titik puncak dari keseluruhan fase perkembangan demam berdarah di tubuh manusia. Pada fase ini seringkali orang kurang waspada karena pada fase kritis ini justru gejala-gejala yang sudah muncul sebelumnya mulai mereda. Tubuh yang semula mengalami demam tinggi mulai mereda sehingga banyak yang menyangkut bahwa tubuh sudah mengalami prosesnya penyembuhan. Pada fase ini justru pembuluh-pembuluh darah di dalam tubuh sudah mengalami pelebaran. Pelebaran pembuluh darah yang terjadi ditandai dengan munculnya bintik-bintik merah di permukaan kulit. Penderita yang sudah berada pada fase ini harus ditangani segera supaya tidak terjadi komplikasi lebih lanjut.

  1. Tahap Penyembuhan

Setelah berhasil melalui tahapan kritis yang paling berisiko tubuh mulai mengalami proses penyembuhan. Pada tahap ini suhu tubuh akan kembali naik tetapi bintik-bintik merah di kulit mulai menghilang. Hilangnya bintik merah ini karena perdarahan akibat melebarnya pembuluh darah di dalam tubuh sudah berhenti. Pada tahap ini biasanya nafsu makan penderita sudah berangsur kembali. Disarankan penderita tetap beristirahat yang cukup serta mengkonsumsi makanan dengan gizi yang cukup untuk mempercepat proses pemulihantubuh.

Tiap tahapan perkembangan penyakit DBD ini harus ditangani dengan tepat. Ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakit akibat gejala-gejala yang muncul dari perkembangan demam berdarah. Berikut ini tindakan yang dapat dilakukan pada setiap tahapannya :

  • Minum air putih yang cukup

Kondisi tubuh yang demam membuat tubuh terasa panas dan rentan mengalami dehidrasi. Kondisi ini dapat diatasi dengan konsumsi air yang cukup agar suhu tubuh menurun serta kebutuhan cairan tubuh tetap tercukupi dengan baik.

  • Konsumsi obat penurun panas serta pereda nyeri

Suhu tubuh yang tinggi pada penderita DBD tentunya membuat tubuh terasa tidak nyaman. Agar suhu tubuh menurun Anda bisa mengkonsumsi obat-obatan seperti parasetamol. Selain itu, demam berdarah yang menyebabkan gejala berupa nyeri sendi juga dapat diatasi dengan obat pereda nyeri seperti acetaminophen.

  • Perbanyak istirahat

Kondisi tubuh yang lemas sebaiknya diimbangi dengan istirahat yang cukup agar tubuh tidak semakin lemah. Sebaiknya Anda bed rest sementara supaya kondisi tubuh tidak memburuk.

  • Periksakan diri ke dokter

Ini penting dilakukan mengingat penyakit demam berdarah bukanlah penyakit sepele. Anda perlu melakukan serangkaian pemeriksaan darah untuk memastikan apakah Anda benar-benar sudah terjangkit penyakit ini. Gejala awal demam berdarah agak sulit dibedakan dengan penyakit lain seperti flu atau tipus sehingga diagnosis harus diperkuat dengan pemeriksaan darah. Diagnosis yang tepat dapat memberikan penanganan yang tepat sasaran. Jika mengalami gejala2 seperti yang telah disebutkan di atas,akan lebih baik untuk segera berkonsultasi kepada dokter.

  • Konsumsi obat herbal DBD untuk meningkatkan kondisi tubuh

Ketika sudah memasuki masa penyembuhan Anda bisa mengkonsumsi suplemen atau obat herbal DBD untuk mempercepat pemulihan. Obat herbal ini bisa berupa buah-buahan mentah seperti jambu biji ataupum ramuan herbal yang sudah diracik sedemikian rupa. Penggunaan obat herbal ini cenderung aman bagi tubuh dan memberikan efek yang cukup signifikan. Obat herbal ini bisa dikonsumsi sebagai tambahan dari obat yang telah diresepkan oleh dokter.

Pencegahan Demam Berdarah

Demam berdarah memang masih menjadi penyakit yang tidak bisa diprediksi kedatangannya. Tubuh yang terjaga kebersihannya tetap dapat terjangkit demam berdarah jika tidak sengaja tergigit oleh nyamuk vektor pembawa virus.  Meskipun begitu ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegahnya, yaitu :

  1. Menjaga kebersihan lingkungan

Keberadaan nyamuk sangat berkaitan dengan kebersihan lingkungan di sekitar tempat tinggal. Nyamuk biasa berkembangbiak di tempat-tempat yang tergenang air seperti selokan, kubangan air ataupun wadah air yang dibiarkan terbuka. Anda bisa mencegah nyamuk meletakkan telurnya di tempat-tempat tersebut dengan rutin membersihkan selokan yang tersumbat, membersihkan genangan-genangan air serta menutup wadah-wadah yang kemungkinan bisa menampung air hujan. Selalu tutup rapat wadah penampungan air Anda setelah digunakan.

  1. Rutin membersihkan bak mandi dan menaburkan bubuk abate ke dalam bak mandi bila perlu

Bak mandi biasanya dibuat terbuka, penampungan air ini juga bisa menjadi tempat yang potensial untuk nyamuk berkembangbiak. Agar bak mandi bebas dari telur nyamuk sebaiknya kuras dan bersihkan bak mandi secara rutin minimal satu minggu sekali. Anda juga bisa menaburkan bubuk abate ke dalam air dalam bak mandu untuk mematikan jentik-jentik nyamuk yang ada.

  1. Memasang kasa anti-nyamuk pada lubang angin

Anda dapat mencegah masuknya nyamuk dari luar ke dalam rumah dengan memasang kasa anti nyamuk pada setiap lubang angin di rumah Anda. Cara ini cukup dapat membantu mengurangi jumlah nyamuk yang masuk ke dalam rumah, termasuk di dalamnya nyamuk penyebab demam berdarah.

  1. Gunakan lotion anti nyamuk

Sebagai langkah pencegahan lainnya, Anda bisa oleskan lotion anti nyamuk sebelum tidur agar Anda terbebas dari gigitan nyamuk.  Penggunaan lotion ini sebaiknya dihindari pada anak-anak karena khawatir mereka tidak sengaja menjilat atau memasukkan bagian tubuh yang telah diolesi lotion ke dalam mulut hingga tertelan.

  1. Memasang kelambu di sekitar tempat tidur

Memasang kelambu ini bisa mencegah nyamuk mendekati tubuh selama tidur. Cara menghidari gigitan nyamuk dengan kelambu bisa diterapkan untuk bayi maupun balita hingga orang dewasa.

  1. Melakukan fogging di lingkungan sekitar rumah

Terkadang kebersihan rumah baik di bagian dalam maupun luar sudah dijaga tetapi nyamuk penyebab  demam berdarah tetap dapat berkeliaran karena lingkungan sekitar tempat tinggal yang tidak terjaga. Kegiatan fogging ini dilakukan untuk mematikan sarang-sarang nyamuk yang ada di lingkungan rumah dan sekitar. Fogging dilakukan dengan menyemprot lingkungan sekitar dengan asap yang mengandung bahan kimia tertentu.

  1. Menggunakan pakaian rapat ketika tidur

Sebaiknya Anda menggunakan baju berlengan panjang dan celana panjang untuk menghindari gigitan nyamuk selama tidur.

Obat Herbal DBD Sari KurmaKu  untuk Penyembuhan Demam Berdarah

                                Herbal DBD

Jika sudah terlanjur terjangkit demam berdarah maka Anda perlu melakukan tindakan pengobatan yang tepat dengan berkonsultasi langsung ke dokter. Penyakit demam berdarah yang ditangni lebih dini dapat sembuh lebih cepat dan terhindar dari komplikasi yang membahayakan organ lain di dalam tubuh.

Kondisi demam berdarah salah satunya ditandai dengan jumlah trombosit atau keping darah di dalan darah yang semakin menurun. Jika tidak diatasi, berkurangnya trombosit dalam darah inilah yang menyebabkan terjadinya perdarahan di organ-organ dalam tubuh. Apabila jumlah trombosit darah kurang dari 200.000-300.000 keeping per mm3nya tubuh akan rentan mengalami perdarahan. Jumlah trombosit yang kurang membuat pembekuan darah di dalam tubuh lebih sukar terjadi.

Banyak orang mengetahui jambu biji sebagai bahan alami yang dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit di dalam darah. Okeh karena itu banyak orang menyarankan penderita demand berdarah until mengkonsumsi jambu biji ataupun meminum buah yang sudah diolah menjadi jus. Selain jambu biji, buah kurma juga ternyata memiliki khasiat serupa dalam membantu mengobati demam berdarah. Berikut iin penjelasan dari masing-masing bahan herbal tersebut :

  • Jambu Biji Merah

Jambu biji merah sudah sangat dikenal sebagai obat untuk menyembuhkan demam berdarah. Kandungan vitamin dan mineral di dalam jambu biji ternyata dapat membantu pemulihan tubuh yang terkena penyakit ini. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa diambil dari jambu biji bagi penderita demam berdarah :

  1. Mempercepat serta meningkatkan jumlah produksi trombosit dalam darah

Jumlah trombosit atau keping darah ini adalah salah satu yang paling menentukan kondisi pasien demam berdarah. Jambu biji mengandung vitamin C dalam jumlah besar yang berperan dalam produksi keping darah di dalam tubuh. Proses pembentukan yang terjadi lebih cepat membuat jumlah trombosit darah yang tadinya turun menjadi cepat meningkat.

  1. Menghambat pertumbuhan virus

Demam berdarah disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk. Jambu biji ternyata juga dapat berperan dalam menghambat perkembangan virus ini di dalam tubuh. Perkembangan virus yang dihambat membuat kondisi tubuh lebih cepat membaik.

  1. Mengandung mineral dan kalsium yang berperan dalam pembentukan trombosit

Mineral-mineral seperti kalsium, magnesium fosfor serta zat besi adalah yang berperan dalam pembentukan keping darah dalam tubuh. Jambu biji ini ternyata memiliki kandungan mineral-mineral tersebut dalam jumlah yang cukup besar sehingga konsumsi jambu biji dapat meningkatkan jumlah produksi trombosit darah.

  • Sari Kurma

Selain jambu biji, buah kurma juga dapat membantu memulihkan tubuh dari demam berdarah. Kurma merupakan buah dengan rasa manis yang banyak ditemukan di daerah timur tengah. Kurma ini juga berperan dalam meningkatkan jumlah produksi trombosit dalam tubuh yang berperan penting bagi kesembuhan penderita demam berdarah. Kandungan gula pada buah kurma sebagian besar berupa monosakarida yang lebih mudah dicerna oleh tubuh sehingga kandungannya lebih cepat diserap. Beberapa manfaat sari kurma untuk kesehatan diantaranya :

  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Sebagai sumber energi karena kandungan gulanya yang tinggi
  • Mencegah osteoporosis pada tulang
  • Meningkatkan produksi trombosit darah
  • Sumber gula yang aman bagi penderita diabetes
  • Mencegah anemia
  • Memperlancar sistem pencernaan dan buang air besar
  • Sumber nutrisi bagi tubuh

Anda bisa mendapatkan manfaat dari sari buah jambu biji dan sari buah kurma sekaligus untuk mengobato DBD dengan obat Herbal DBD Sari KurmaKu. Obat herbal ini dirancang khusus untuk membantu penyembuhan demam berdarah dengan cara meningkatkan jumlah trombosit, mencegah perkembangan virus di dalam tubuh serta meningkatkan daya tahan tubuh. Sari KurmaKu dapat Anda dapatkan dengan mudah di seluruh wilayah Indonesia. Sari KurmaKu mengandung ekstrak kurma dan jambu merah asli yang mengandung banyak vitamin seperti Vitamin A, C, B-16 serta B-12. obat  Herbal DBD ini aman dikonsumsi oleh anak kecil hingga dewasa tanpa efek samping berbahaya. Obat herbal ini berasal dari bahan alami yang diproses secara modern dan higienis sehingga menjamin kandungan isinya. Kandungan obat ini meliputi 95% sari kurma dan 5% ekstrak jambu merah asli. Sari KurmaKu bisa dikonsumsi sesudah makan dengan cara diminum langsung atau dicampurkan ke makanan atau minuman lainnya. Dosis untuk dewasa adalah 3 x 2 sendok makan Sari KurmaKu per harinya, sedangkan untuk anak-anak dosisnya cukup 3 x 1 sendok makan Sari KurmaKu per hari. Anda akan memperoleh manfaat sari kurma dan jambu biji untuk mempercepat penyembuhan penyakit demam berdarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *